Kamis, 24 Mei 2012

Pola Makan Yang Sehat Untuk Para Atlet

Di kehidupan ini, manusia memerlukan tenaga untuk melakukan aktivitas sehari-sehari, jika tenaga tersebut berkurang karena melakukan aktivitas yang lebih dari pada biasanya. maka badan pasti akan terasa lemas, letih, dan lesu. agar badan tidak terasa seperti itu maka kita harus mengisi nya dengan cara makan-makanan yang bergizi.makanan bergizi tersebut harus lah di makan sesuai dengan dosis yang di perlukan pada tubuh manusia, jika tidak sesuai dosis walau makanan tersebut bergizi malah jadi penyakit.

Maka dari itu saya di sisni akan berbagi info dengan teman-teman yang memang menekuni di bidang olahraga sebagai atlet tetang pola makan yang baik, apalagi kita sebagai atlet yang memerlukan energi lebih dari pada orang yang melakukan aktivitas yang normal (Biasa) karena sebagai atlit pasti mengeluarkan energi lebih dari pada orang yang hanya melakukan gerak tubuh yang biasa saja (normal).

Pola makan bagi latihan atlet memegang peran penting agar kemampuan atlet untuk berkompetisi berada pada posisi puncak. Walaupun jenis makanan yang dimakan para atlet penting bagi peningkatan performa atlet, waktu makan juga sama pentingnya, karena makanan memberi energi bagi tubuh saat latihan yang intens dan membantu tubuh untuk pulih setelahnya. Sementara pola makan yang seimbang yang memberi nutrisi yang bervariasi penting, pola makan atlet lebih berfokus pada karbohidrat yang menyediakan energi.

Sebelum Latihan
Makanan yang dimakan sebelum latihan menentukan performa atlet. Makanan yang dimakan tepat sebelum latihan akan mencegah rasa lapar. Namun, energi yang digunakan saat latihan biasanya berasal dari makanan yang dimakan beberap hari sebelum saat latihan. Atlet mengkonsumsi makanan yang tinggi energi, berfokus pada karbohidrat. Glukosa adalah sumber energi yang lebih disukai oleh tubuh, oleh karena itu atlet mengkonsumsi karbohidrat dalam porsi besar untuk memenuhi kebutuhan glukosa. Makanan yang tinggi karbohidrat mencakup roti, pasta, nasi, dan sereal lainnya. Menurut Olympic Training Center (Pusat Latihan Olimpik) di Colorado, atlet lebih tahan untuk latihan lebih lama apabila mereka mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat. Makanan yang kaya akan karbohidrat direkomendasikan untuk dikonsumsi kira-kira empat jam sebelum latihan. Namun, karena tujuan utama pola makan atlet adalah untuk menyediakan energi tanpa menyebabkan masalah pencernaan, bermacam-macam kombinasi makanan telah dicoba untuk menentukan pola makan seperti apa yang bekerja paling baik untuk setiap atlet.

Selama Latihan
Makanan optimum yang dikonsumsi atlet selama latihan adalah makanan yang tinggi karbohidrat namun mudah dicerna tubuh. Idealnya, atlet mengkonsumsi makanan yang rendah lemak dan tinggi karbohidrat, seperti buah-buahan. Kecuali latihan berlangsung lebih lama dari 90 menit, nutrisi tambahan selama latian tidak diperlukan, karena tubuh menggunakan energi yang tersimpan dalam tubuh.

Setelah Latihan
Pola makan atlet setelah latihan sangat penting karena dapat membantu pemulihan tubuh. Prioritas utama adalah untuk mengisi kembali cairan tubuh yang hilang selama latihan. Karbohidrat sebaiknya dikonsumsi dalam waktu 15 menit setelah latihan. Makanan ideal untuk dikonsumsi setelah latihan mencakup jus buah dan sayur. Makanan setelah latihan mencakup makanan yang mengandung karbohidrat dan protein – pasta, roti, dan sereal lainnya yang dikombinasikan dengan daging tanpa lemak atau sumber protein lainnya. The University of Iowa menganjurkan untuk mengkonsumsi protein dan karbohidrat dengan rasio 1:4, karena rasio ini terbukti meningkatkan pemulihan otot dan memulihkan kadar glukosa dalam tubuh.

Nutrisi
Walaupun karbohidrat merupakan sumber energi utama dalam makanan atlet, variasi jenis makanan yang menyusun makanan dengan gizi seimbang juga tidak kalah pentingnya. Lemak menyediakan energi bagi tubuh setelah karbohidrat habis, oleh karena itu lemak sehat merupakan makanan yang penting bagi atlet. Protein membantu menyusun kembali otot dan merupakan bagian penting dari makanan setelah latihan. Walau vitamin dan mineral memberikan keuntungan penting bagi tubuh, pola makan atlet yang merupakan makanan dengan gizi seimbang biasanya telah mengandung nurisi ini.







sumber: pola makan yang sehat untuk para atlet 

1 komentar: